Blog

World Water Campaign, SD Islam Sabilillah Belajar Bersama Teknik Pengairan Universitas Brawijaya

 

      World Water Day atau hari air sedunia merupakan peringatan untuk menyadarkan masyarakat dunia akan  pentingnya air bersih dan pengelolaan sumber air  yang berkelanjutan. Tanggal 22 Desember 1992 pada sidang umum PBB disepakati bahwa air sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 22 Maret. Peringatan hari air sedunia dimulai pada tahun 1993 dengan tujuan supaya masyarakat di dunia memberi dukungan dalam konservasi air dengan cara mengurangi penggunaan air keran yang berlebihan. PBB bersama seluruh anggota PBB gencar mensosialisasikan tentang hari air sedunia ini melalui kegiatan nyata.

Untuk memperingati hari tersebut SD Islam Sabilillah Malang mendapat kesempatan menerima materi sosialiasi dari kakak-kakak dari Teknik Pengairan Universitas Brawijaya Malang  sebagai rangkaian kegiatan Peringatan Hari Air Dunia ke-28 Tahun 2020 dengan tema “Water and Climate Change” pada tanggal 13 Maret 2020 di Aula lantai 1 SD Islam Sabilillah Malang.

Sesuai dengan tema yang diusung oleh Hari Air Dunia tahun ini adalah “Water and Climate Change” yang diaplikasikan ke dalam tema nasional yaitu Air dan Perubahan Iklim. Perubahan iklim yang telah menjadi salah satu faktor masalah lingkungan hidup dunia dan mengancam kelanjutan sistem penyanggal kehidupan dibumi salah satunya dengan berkurangnya ketersediaan sumber daya air untuk kelangsungan hidup.

Disamping itu perawatan lingkungan merupakan bagian penting dalam mengusahakan dan mengelola sumber air, disisi lain perlakuan kita terhadap lingkungan akan meresonasi perlakuan lingkungan terhadap kita. Terjadinya perubahan ketersediaan air di bumi merupakan konsekuensi nyata dalam kehidupan sehari-hari yang harus dipertimbangkan sebagai akibat perubahan iklim. Sumber air pada masa sekarang ini terkesan kehilangan tingkat keandalannya dalam mendukung ketahanan air bagi masyarakat. Hal ini tergambar semakin seringnya terjadi permasalahan terkait sumber daya air hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Jurusan Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB) mengadakan kegiatan  World Water Campaign sebagai rangkaian World Water Day (WWD) mengajak para siswa SD Islam Sabilillah Malang untuk cara mengelola sumber daya air dan menjelaskan mengenai pentingnya menjaga kelestarian sumber air agar di masa depan kita bisa menciptakan mata air. Acara dimulai pukul 7.30 WIB diikuti oleh 50 peserta dari perwakilan kelas 3, 4 dan 5 SD Islam Sabilillah Malang.

Kegiatan sangat seru dengan jargon aku cinta lingkungan, dan ada sekitar 30 mahasiswa teknik pengairan yang hadir untuk menjadi pemateri kegiatan tersebut. Rangkaian kegiatan diawali dengan sosialisasi tentang kekeringan dan kenaikan permukaan air laut, kemudian Ananda diajak untuk menanam tanaman dengan menggunakan hydrogel. Ananda bermain menyusun puzzle. Mereka mendapat reward snack untuk yang aktif menjawab pertanyaan dan mengikuti kegiatan dengan semangat.  Setelah selesai kegiatan, Ananda berfoto bersama dengan kaka-kaka mahasiswa dan mendapatkan pin World Water Campaign 2020. Ananda sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan berlangsung seru dan banyak permainan.

Hadir juga di sana kepala sekolah SD Islam Sabilillah Malang Ibu Nunik S. Hariarti, S.Pd.,M.Pd dan perwakilan dosen teknik pengairan yang hadir. Ibu Nunik menyampaikan sangat mendukung kegiatan seperti ini, karena dapat menambah wawasan Ananda tentang lingkungan. Acara selesai pukul 09.30, di tutup dengan foto bersama Ananda dengan kakak-kakak Teknik Pengairan.

Harapan kedepannya ada banyak kegiatan sosialisasi tentang lingkungan kembali dari para mahasiswa agar menambah wawasan bagi Ananda siswa siswi SD Islam Sabilillah Malang, kegiatan seperti ini akan sangat bermanfaat bagi Ananda untuk mengenal lingkungan dengan lebih baik.

 

 

Oleh: Luk Luk Atul Mu’amanah

No Comments Yet


Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CLOSE
CLOSE
%d blogger menyukai ini: