Blog

Upaya SD Islam Sabilillah Malang Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Akhir – akhir ini  muncul wabah penyakit baru yang datang dari negeri China yang sangat berbahaya  yang dapat membunuh manusia di dunia dan hingga saat ini pun belum ditemukan obat atau vaksinnya. Yah, pandemi covid-19 atau dikenal dengan nama corona telah menyerang hampir seluruh negeri di bumi ini. Negara dengan jumlah korban paling banyak hingga ribuan orang ada di negara China, Amerika, Italia, dan masih banyak lagi.

Salah satu penyebab terjadinya penyebaran wabah ini dikarenakan kebiasaan manusia yang tidak memakan makanan yang halal seperti yang mana diperintahkan oleh Allah SWT. Penyebaran wabah ini pun sangat amat cepat melalui sentuhan, untuk itu perlu bermawas diri dalam segala hal saat ini. Cara pencegahan Covid-19 yang telah di sarankan oleh WHO (World Health Organization) yaitu harus sering melakukan cuci tangan minimal 20 detik menggunakan sabun, bila sakit harus menggunakan masker, memakan makanan yang sehat dan bergizi, disarankan untuk tidak bersalaman dan menjaga jarak dengan orang lain serta tidak menyentuh area muka bila sudah menyentuh benda dan tangan ketika kotor.

Namun meskipun telah ada anjuran seperti itu masyarakat masih saja yang tidak menurut akibatnya kini jumlah pasien yang positif Covid-19 semakin hari semakin bertambah banyak.  Untuk itu Pemerintah Indonesia memerintahkan untuk melaksanakan lockdown di semua daerah termasuk tempat kerja, sekolah dan tempat wisata guna memutuskan penyebaran Covid-19. Kota Malang pun juga ikut melaksanakan lockdown, sekolah-sekolah diliburkan diganti dengan kegiatan belajar dari rumah.

SD Islam Sabilillah Malang pun telah melaksanakan sosialisasi cara pencegahan Covid-19 kepada siswa-siswinya, serta mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar dan cara hidup sehat. Untuk saat ini, Kota Malang telah meliburkan sekolah selama hampir 3 minggu. Sekolah – sekolah di minta untuk membuatkan pembelajaran secara online kepada siswa – siswinya. Bahkan untuk mencegah penyebaran Covid-19, Kemendikbud yang di sampaikan oleh Bapak Nadiem telah memutuskan bahwa menghapus UNBK 2020.

Situasi saat ini merupakan hal baru sehingga masyarakat diwanti-wanti untuk tidak keluar rumah maupun berpergian terlebih dahulu. Dalam memenuhi tugas belajar mengajar  SD Islam Sabilillah Malang telah melaksanaan tugas dengan memberikan LKS yang harus dikerjakan siswanya setiap hari, tidak hanya pelajaran saja namun siswa – siswi perlu melaksanakan tugas mengajinya setiap hari dengan melaporkan kepada guru kelas masing – masing. Selain itu untuk mencegah penyebaran Covid-19, telah dilakukan kegiatan penyemprotan disenfektan pada seluruh ruangan kelas dan ruangan lain-lainnya.

Segala upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dan lembaga SD Islam Sabilillah Malang. Semoga bencana wabah pandemi Covid-19 ini segera berhenti dan semuanya dapat melaksanakan kegiatan seperti biasanya. Amiiiinnn…

No Comments Yet


Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CLOSE
CLOSE
%d blogger menyukai ini: