Blog

Sambut Bulan Ramadhan 1441 H

Tak terasa pada tahun 2020 ini kita telah memasuki bulan suci yang penuh berkah. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu – tunggu dimana seluruh umat islam di dunia akan melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh (30 hari). Bulan dimana seluruh umat islam saling berlomba – lomba dalam hal kebaikan untuk mendapatkan pahala sebanyak – banyaknya melalui puasa, sholat wajib dan sunah, taddarus Al Qur’an, bersedekah serta menunaikan zakat.

Banyak hal yang keistimewaan dari bulan Ramadhan yang tidak ada di bulan – bulan yang lainnya yaitu adanya sholat tarawih dan witir, malam lailtul qodar, dan sholat idul fitri. Mereka yang memperbanyak beribadahnya tentu akan dilipat gandakan pahalanya. Salah satunya malam Lailatul Qodar, bila  merupakam yang paling istimewa pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Bagi yang melaksanakan ibadah pada malam tersebut mendapat pahala setara dengan menjalankan ibadah selama 83 tahun.

Puasa Ramadhan pertama pada tahun 2020  di mulai pada hari Jumat tanggal 24 April 2020. Namun ada yang berbeda dengan bulan Ramadhan pada tahun ini. Umat islam di seluruh dunia harus melaksanakan bulan Ramadhan dengan masih adanya wabah pandemic Covid-19. Peraturan dari pemerintah untuk stay at home / dirumah saja dengan selalu menjaga jarak antar sesame dan tidak saling bersentuhan.

Akibatnya tradisi menyenangkan yang setiap tahunnya dilakukan seperti kirab menyambut Ramadhan, kegiatan membangunkan warga saat sahur, berbuka bersama dengan keluarga maupun teman – teman, taddraus khataman Al – Quran, sholat tarawih dan witir tidak bisa dilaksanakan lagi secara bersama – sama. Sangat menyedihkan pastinya, kita harus menyambut Ramadhan dengan tidak bisa bersama keluarga bagi yang merantau, tidak bisa sholat berjamaah di masjid, taddarus sambil berbagi takjil, bahkan pemerintah melarang seluruh masyarakatnya untuk mudik/pulang kampong.

Hal ini sangat terasa bagi pedagang yang biasanya ramai berjualan saat Ramadhan, mereka tidak bisa mendapatkan rejeki dari berjualan makanan dan minuman takjilan. Untuk itu dengan datangnya bulan Ramadhan ini menjadi momen untuk kita agar hidup saling berbagi satu sama lainnya.

Selain itu bagi para peserta didik, mereka harus bersabar lagi untuk melaksanakan ibadah puasa serta melanjutkan belajar di rumah. Pentingnya pembelajaran saat bulan Ramadhan ini anak – anak akan belajar mengenai makna puasa, amalan – amalannya, cara berbagi kepada yang membutuhkan, bacaan dan cara sholat tarawih dan lain sebagainya akan lebih menyenangkan jika bisa belajar bersama – sama dengan teman – teman di sekolah.

Dengan saling membantu, kita telah sedikit mengurangi mereka yang benar – benar membutuhkan. Terlebih dengan adanya pandemic Covid-19 ini marilah kita semua saling menjaga kebersihan diri dan hati  agar ibadah kita di bulan Ramadhan ini menjadi lebih bermanfaat untuk orang lain, tentunya akan semakin mendapat pahala lebih untuk kita.

No Comments Yet


Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CLOSE
CLOSE
%d blogger menyukai ini: