Blog

343 Siswa Sabilillah di Wisuda Khatam Al Qur’an dan Hafal Juz 30

Friday, 5 September 2014

343 Siswa Sabilillah di Wisuda Khatam Al Qur’an dan Hafal Juz 30
Untuk yang ke sekian kalinya, LPI Sabilillah Malang menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan yaitu Wisuda Terpadu Pembelajaran Al Qur’an Metode Sabilillah Bil Qalam (SBQ) TK-SD-SMP Islam Sabilillah Malang.

Alunan nada dan sholawat nabi dari Terbang Al Banjari SD Islam Sabilillah Malang mengawali sebelum acara wisuda dimulai. Tampilan sholawat nabi yang memukau undangan tersebut merupakan hasil bimbingan ekstrakurikuler terbang Al Banjari SD Islam Sabilillah Malang.

Acara diawali dengan prosesi wisudawan memasuki ruangan. Iringan terbang Al Banjari mengiringi para wisudawan Al Qur’an TK, SD, SMP Islam Sabilillah Malang menuju tempat prosesi wisuda. Tampak dari kejauhan, para wisudawan yang dikawal oleh Terbang Al Banjari SMP Islam Sabilillah memecah keheningan prosesi wisudawan memasuki ruangan. Rasa bangga dan senang tampak pada raut wajah siswa. Orang tua pun merasa terharu melihat putra dan putrinya menuntaskan program pembelajaran Al Qur’an di TK, SD, dan SMP Islam Sabilillah Malang. Selanjutnya adalah prosesi Tim Manajemen lembaga dan satuan pendidikan memasuki tempat prosesi wisuda.

Acara dibuka dengan lantunan ayat suci Al Qur’an yang dibawakan oleh Ananda M. HIFNIE ARDHAN FIRDAUS siswa kelas VII SMP Islam Sabilillah Malang yang akan mengikuti seleksi lomba MTQ mewakili Kota Malang di tingkat Propinsi.

Sambutan pertama disampaikan oleh Asisten Direktur I Bidang Akademik dan Kesiswaan Dr. H. Abdur Rahman As’ari, M.Pd., MA. Beliau merasa bangga karena pada tahun ini prestasi yang diraih oleh Ananda. Pada tahun Pelajaran 2013/2014 ini, LPI Sabilillah Malang telah mewisuda 21 siswa TK pada jilid 2 SBQ, Tashih SBQ siswa SD sebanyak 172 siswa, 33 siswa SD lulus program Tahfid juz 30, 74 siswa SMP lulus program Tashih SBQ dan 43 siswa program SMP Tahfid juz 30. Sehingga jumlah total siswa yang mengikuti wisuda adalah 343 siswa. Sebagai bentuk kualitas kontrol, pelaksanaan tashih atau ujian Al Quran dilaksanakan oleh pihak eksternal yaitu Tim Penguji dari Pesantren Ilmu Quran (PIQ) Malang yang sekaligus sebagai Pembina pembelajaran Al Qur’an metode SBQ.

Pencapaian wisudawan tahun ini tidak luput dari upaya sekolah dalam mencapai target pembelajaran Al Qur’an yang telah ditetapkan oleh lembaga. Target yang telah di tetapkan oleh lembaga yaitu untuk siswa TK lulus jilid 2 metode pembelajaran SBQ. Untuk SD lulus tashih pembelajaran Al Qur’an metode SBQ pada kelas IV dan lulus program Tahfid juz 30. Sedangkan untuk SMP lulus Tashih pembelajaran Al Qur’an metode SBQ (bagi siswa non SD Islam Sabilillah) dan lulus tahfid juz 30 dan Terjemah Al Quran Tematik.
Siswa yang diwisuda, tidak hanya bisa membaca Al Qur’an tetapi sudah mempunyai kemampuan yang baik dalam ilmu Tajwid, Fashohah, Tartil, dan Gharibul Qur’an. Kesuksesan ini tidak luput dari bimbingan Bapak dan Ibu Guru Pembelajaran Al Qur’an serta pembinaan dari PIQ Singosari asuhan dari KH. Bashori Alwi. Kami sampaikan terima kasih kepada Tim pembina dari PIQ yang telah banyak memberikan dukungan dalam pembinaan kemampuan guru-guru Al Quran, ungkap Dr. As’ari.

Banyak prestasi yang diraih oleh para wisudawan yang cukup menggembirakan. Diantara wisudawan TK, ternyata ada 1 siswa TK A yang telah lulus jilid 2 SBQ. Untuk wisudawan SD, terdapat 52 siswa kelas III yang telah lulus tashih SBQ dan 3 siswa telah lulus Tashih SBQ sekaligus Tahfid juz 30. Untuk siswa SMP, terdapat 19 siswa yang telah lulus Tashih SBQ sekaligus lulus Tahfid jus 30 secara bersamaan dalam waktu 1 tahun.

Semua prestasi yang telah diraih siswa tersebut tidak lepas dari peran serta guru dan tim manajemen yang dengan sabar dan tulus iklas membimbing, mengarahkan, melatih, dan memotivasi ananda untuk meraih prestasi yang maksimal. Kepada ananda yang meraih prestasi, kami ucapkan selamat atas kemampuan, keberhasilan dan prestasi yang telah dicapai. Kepada para wisudawan, kami berharap ananda tidak berhenti membaca Al Quran. Dengan telah diwisuda Ananda dapat lebih termotivasi untuk selalu membaca Al Quran setiap hari, kapan dan dimanapun Ananda berada. Kami juga berharap semoga Ilmu yang ananda peroleh di TK, SD, dan SMP Islam Sabilillah Malang dapat bermanfaat dan terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, ungkap Dr. As’ari diakhir laporannya.

Sementara itu, mewakili orang tua siswa dalam sambutannya, Dr. H.M. Mujab, M.Th, Ph.D mengungkapkan rasa syukur, senang dan sekaligus bangga karena memiliki putra/putri yang sholeh/sholihah dan pandai dalam membaca Al Qur’an. Beliau juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Bapak dan Ibu Guru serta Tim Managemen yang telah berhasil mengantarkan siswanya khatam Al Qur’an dan Hafal Juz 30. Diakhir sambutannya beliau berharap semoga anak-anak menjadi generasi Qur’ani.

Dalam kesempatan yang berbahagia, Direktur LPI Sabilillah Malang Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd juga hadir dan memberikan kata sambutan. Mengawali sambutannya beliau mengutarakan ucapan terima kasih kepada seluruh orang tua siswa atas kerjasamanya dalam mendukung pembelajaran di Sabilillah. Terima aksih pula diutarakan kepada seluruh pengasuh Pesantren Ilmu Qur’an (PIQ) yang telah bekerjasama baik membantu pengembangan pembelajaran AL Qur’amn di Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Sabilillah Malang. Program pembelajaran Al Qur’an adalah satu diantara 7 program unggulan yang dikembangkan LPI Sabilillah yaitu Pembelajaran Al Qur’an metode SBQ (Sabilillah Bil Qalam) dengan semboyannya Every Day With Al Qur’an. Selamat kepada Ananda yang telah menuntaskan satu babak pendidikan yaitu pembelajaran Al Qur’an, ungkap Prof. Ibrahim. Semoga Ananda selalu membiasakan diri untuk membaca Al Qur’an dimanapun berada. Bahkan teknologi pun telah mendukung, di handphone, tablet, laptop sudah dapat diinstal Al Qur’an yang siap digunakan setiap saat.

Acara inti dari kegiatan wisuda adalah prosesi pemberian ucapan selamat oleh Direktur dan kepala sekolah. Namun, sebelumnya seluruh hadirin disuguhi tampilan dari para wisudawan dalam membacakan ayat suci Al Qur’an yang bagus sesuai ilmu Tajwid, Fashohah, Tartil, dan Gharibul Qur’an. Tampilan terjemah dari siswa SMP Islam Sabilillah pun menambah kebanggaan orang tua dan guru saat diperdengarkan. Disela-sela kegiatan, diberikan pula penghargaan bagi siswa yang meraih prestasi gemilang untuk siswa TK, SD, dan SMP Islam Sabilillah.

Acara pamungkas yaitu pembacaan do’a yang dipimpin langsung oleh pembina SBQ yaitu KH. Bashori Alwi. Sebelum berdo’a beliau memberikan pesan bahwa orang tua haruslah bangga karena memiliki anak yang telah dididik menjadi pandai dalam membaca Al Qur’an dengan bagus dan mengamalkannya. Semoga ilmu yang diperoleh Ananda bermanfaat dan bagi semua pengajarnya mendapatkan derajat yang tinggi disisi Allah S.W.T Amin.

Last modified on Friday, 5 September 2014 17:44:06

No Comments Yet


Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CLOSE
CLOSE
%d blogger menyukai ini: