Blog

Manasik Haji di SD Islam Sabilillah

Dalam  rangka merayakan Idhul Adha, Salah satu agenda yang diselenggarakan oleh SD Islam Sabilillah Malang adalah Manasik Haji. Kegiatan Manasik Haji dilaksanakan pada hari Selasa, 29 Agustus 2017.Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji.

Manasik Haji  tahun ini diikuti oleh Sekolah Dasar sekecamatan Blimbing dianataranya : SDN Blimbing 1, SDN Blimbing 2, SDN Blimbing 3, SDN Blimbing 4, SDN Blimbing 5, SDN Pandanwangi 1, SDN Pandanwangi 2, SDN Pandanwangi 3, SDN Pandanwangi 5, STP Khoiru Ummah, SD NU Blimbing . Siswa Sekolah Dasar sekecamatan Blimbing ini  belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Manasik haji juga diperlukan guna memberikan pemahaman kepada siswa  tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke tanah suci. Manasik haji sangat bermanfaat bagi siswa karena setelah melaksanakan manasik haji, para siswa akan dapat memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada saat melakukan ibadah haji nantinya. Semoga kita semua, kelak dapat menunaikan ibadah haji ke tanah suci dengan membawa predikat Haji Mabrur. Aamii ya Robb. @Rna

No Comments Yet


Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CLOSE
CLOSE
%d blogger menyukai ini: