Blog

Kesiswaan

Program kesiswaan merupakan pola kegiatan pembinaan siswa untuk mengarahkan dan mengendalikan siswa dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah.
Pola kegiatan pembinaan siswa yang dilakukan di SD Islam Sabilillah Malang merupakan seluruh kegiatan kesiswaan yang ditetapkan sebagai pola pembinaan siswa berdasarkan kebijakan kepala sekolah dimulai dari kegiatan OSPIS (Orientasi Sistem Pendidikan Islam Sabilillah) siswa baru sampai dengan kegiatan pelepasan siswa yang telah dinyatakan lulus dalam proses pembelajaran di SD Islam Sabilillah Malang.
Dalam rangka membina kemandirian dan prestasi siswa, maka dilakukan berbagai macam pembinaan. Pola pembinaan yang dilakukan antara lain sebagai berikut:

A.Orientasi Sistem Pendidikan Islam Sabilillah (OSPIS)
1. Kegiatan ini dilaksanakan bagi siswa baru (kelas I) yang       dilakukan sebelum proses belajar mengajar yang dilaksanakan     pada setiap awal tahun pelajaran.
2. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh orang tua siswa baru beserta putra/putrinya.
3. Materi yang diberikan adalah pengenalan sistem pendidikan (untuk orang tua) dan pengenalan lingkungan sekolah (bagi siswa)
B. Masa Orientasi Karakter Siswa (MOKS)
1. Kegiatan ini dilaksanakan bagi siswa kelas II – VI pada setiap awal semester untuk mengingatkan kembali kedisiplinan dan pembiasaan karakter baik siswa
2. Materi yang diberikan meliputi kedisiplinan, pembiasaan kegiatan ibadah, dan materi pendidikan karakter lainnya
C.Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)
1.Kegiatan ini dilakukan sebagai wahana bagi siswa dalam rangka menumbuhkembangkan aspek kepemimpinan siswa
2.Peserta LDKS adalah siswa kelas III, IV, dan V setelah melalui mekanisme pemilihan yang ketat
3.Siswa yang telah mengikuti LDKS akan dinobatkan sebagai Tim Penegak Kedisiplinan Siswa (TPKM) yang bertugas sebagai teladan dan penegak kedisiplinan
D.We Love… (Pendidikan Karakter Siswa Sabilillah Penuh Cinta)
1.Pengembangan pendidikan karakter di SD Islam Sabilillah Malang didasarkan pada keprihatinan seluruh pimpinan, guru, dan staf LPI Sabilillah Malang oleh demoralisasi di kalangan anak–anak dan para remaja Indonesia akhir-akhir ini yang semakin lama semakin marak.
2.Karakter siswa yang diharapkan adalah Siswa Sabilillah Penuh Cinta, yaitu cinta 360 derajat yang terdiri dari 8 cinta yaitu: Cinta Allah dan Rasul, Cinta Orang Tua/Guru, Cinta Sesama, Cinta Keunggulan, Cinta Diri Sendiri, Cinta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Cinta Alam Sekitar, Cinta Bangsa dan Negara
3.Pendidikan Karakter di SD Islam Sabilillah Malang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan pengembangan sekolah secara menyeluruh (whole school development approach), ialah suatu pendekatan yang melibatkan seluruh anggota masyarakat sekolah, yaitu siswa, guru dan staf, kepala sekolah dan pemimpin pendidikan lain, orang tua siswa. Semua dikerahkan melalui pengembangan-pengembangan kesedaran siswa, program strategis dan kebijakan sekolah, program pembelajaran di kelas, dan program kemitraan orang tua.

WAKTU KEGIATAN
07.00 – 08.10 Pramuka
08.10 – 09.30 Ekstra 1 Olah raga/UKS
09.30 – 09.45 Istirahat
09.45 – 11.05 Ekstra 2 Seni/UKS
11.05 – 11.15 Do’a Pulang
    H.Program Kunjungan Tematik
  1. kegiatan diikuti seluruh siswa kelas I sampai kelas VI.
  2. untuk kelas I – III studi wisata dilaksanakan setiap bulan di wilayah kota Malang, sedangkan untuk kelas IV – VI dengan tujuan luar kota Malang dilaksanakan setiap akhir semester (termasuk di dalamnya kegitan out bond, kemah dan jelajah alam).
  3. tujuankunjungan wisata meliputi tempat-tempat rekreasi, tempat bersejarah, sarana sosial, fasilitas umum, atau tempat-tempat yang dihubungkan dengan pembelajaran Tematik dan Kontekstual yang dapat menunjang pembelajaran siswa secara kontekstual.
  4. semua kegiatan kunjungan siswa dikemas bersamaan dengan pendidikan karakter yaitu “Character Camp”.

No Comments Yet


Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *