Blog

Karakter Impianku

Hari Selasa,  tanggal 2 Januari 2017 merupakan hari pertama kali masuk sekolah semester 2.  Selama 2 minggu para siswa  belajar mandiri di rumah. Tentunya mereka menghabiskan  waktu bersama keluarga maupun kerabat di rumah.  Pembiasaan  yang dilakukan ketika di rumah tentunya berbeda dengan di sekolah.  Oleh karena itu  awal masuk sekolah, para siswa perlu ditanamkan  kembali pembiasaan yang  sudah  pernah dilakukan di sekolah.

Masa penanaman  pembiasaan di sekolah SD Islam Sabilillah Malang,  yang kita kenal dengan MOKS (Masa Orientasi Karakter Siswa ) merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan siswa dan menanamkan kembali  pendidikan karakter. MOKS dijadikan sarana untuk  menanamkan kembali berbagai macam kegiatan yang rutin dilaksanakan di sekolah.

Rangkaian kegiatan MOKS berlangsung selama tiga hari . Untuk hari pertama para siswa diajak shalat dhuha, membaca shalawat nabi, dan berdoa mengawali pembelajaran semester 2. Kegiatan ini dilaksanakan di masjid. Kemudian siswa diingatkan kembali untuk pembiasaan menjaga ketertiban, kedisiplinan,  kerapian, dan sikap sopan santun.

Untuk memudahkan para siswa menerima kembali pendidikan karakter, maka pada hari kedua , para siswa dibebaskan berekspresi untuk  menentukan karakter impiannya.  Para siswa sangat antusias untuk menuangkan ide-idenya dalam menerapkan karakter sesuai keinginannya. Semua siswa menginginkan lingkungan sekolah yang bersih dan indah,  kelas tertata rapi, penataan alat shalat dan rak sandal juga rapi.  Dengan kegiatan tersebut maka akan timbul pada diri siswa tentang sikap peduli pada lingkungan.

Pada hari ketiga, kegiatan MOKS ditutup dengan kegiatan outbond. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar yang efektif melalui game-game yang menarik. Selain itu juga dapat mengembangkan ineraksi dan kerja sama yang positif antar siswa. Bentuk game yang dilakukan selalu bentuk kerja sama.  Dengan permainan yang selalu membutuhkan  kerja sama, maka dapat menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, sikap saling menghargai, menghormati keberagaman, dan semangat kerja sama.

 

No Comments Yet


Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *