Blog

GIZI SEIMBANG ALA GENERASI MILENIAL

Generasi milenial adalah mereka yang lahir dalam rentang tahun 1983 sampai dengan 2001 (Elwood Carlsoon dalam The lucky Few: between the greates generation and the baby boom (2008). Berbicara tentang generasi milenial sangat erat sekali dengan sebuah laporan dari Blue Cross Blue Shield (BCBS) yang memperkirakan bahwa generasi milenial memiliki kemungkinan besar meninggal lebih cepat dari pada generasi lain. Hal ini disebabkan karena masalah kesehatan yang meningkat disertai dengan semakin tingginya biaya perawatan kesehatan. BCBS merupakan federasi organisasi dan perusahaan yang menyediakan asuransi kesehatan di AS. Menurut para analis di sana dijelaskan bahwa masalah kesehatan yang dialami oleh generasi milenial erat kaitannya dengan meningkatnya “perilaku kesehatan” mereka. Bebrapa perilaku kesehatan tersebut menimbulkan masalah depresi, kecemasan, ADHD, dan hingga penyalahgunaan obat yang semakin tinggi.

Berkaitan dengan masalah kesehatan yang banyak di alami oleh banyak orang khusunya generasi milenial saat ini, penting bagi kita semua khususnya generasi pasca milenial untuk belajar dari masalah kesehatan yang di alami oleh generasi sebelumnya (generasi milenial). Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilaksanakan. Kesehatan merupakan salah satu nikmat yang Allah berikan kepada kita dan wajib hukumnya bagi kita semua untuk senantiasa menjaga dan mensyukurinya. Menjaga kesehatan bisa kita lakukan dengan berbagai macam cara dan tindakan/ perilaku termasuk mengkosumsi makanan yang bergizi.

Bukan hanya dengan berolahraga rutin, mengkonsumsi makanan yang bergizi sangatlah penting dilakukan. Konsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang sangatlah bermanfaat bagi tubuh. Sebagai generasi milenial, kita harus pandai memilih dan mengkonsumsi segala jenis makanan yang ada. Tidak semua makanan yang ada atau yang kita sukai pasti memiliki gizi yang baik bagi tubuh. Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang bisa kita lakukan setiap hari seperti konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin, serat, mineral, protein dan lemak.

Di zaman era generasi milenial banyak berbagai menu makanan yang serba instant dan sangat menarik nafsu makan. Banyak menu makanan instant yang siap makan tanpa membutuhkan waktu yang lama. Saat ini banyak sekali menu makanan siap saji yang dipasarkan secara bebas. Banyak menu makanan yang diproduksi tanpa mempertimbangkan kandungan gizi yang ada disalamnya. Oleh karena itu, sebagai generasi milenialkita harus pandai memilah berbagai jenis makanan yang kita konsumsi untuk kesehatan tubuh kita.

Di SD Islam Sabilillah Malang, siswa dilatih untuk senantiasa mengkonsumsi makanan yang sehat serta memiliki gizi seimbang seperti nasi, lauk makan, sayuran, buah-buahan, dan air mineral secara cukup. Siswa dilatih agar dapat membiasakan diri sebagai generasi milenial untuk senantiasa menjaga kesehatan yang diberikan Allah SWT salah satunya dengan mengkonsumsi gizi seimbang setiap hari. Siswa SD Islam Sabilillah dilatih agar terbiasa bukan hanya di sekolah, melainkan juga ketika berada di rumah atau tempat lain.

Pentingnya menjaga kesehatan harus tertanam disetiap jiwa kita sebagai wujud syukur atas nikmat sehat yang diperoleh. Bersyukur atas nikmat kesehatan yang diterima merupakan kewajiban kita sebagai makhluk. Oleh karena itu siswa di SD Islam Sabilillah Malang senantiasa menjaga kesehatan diri dengan cara memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Selain itu berolahraga secara rutin juga dilakukan di sekolah guna menjaga kesehatan tubuh seperti kegiatan senam pagi rutin di setiap hari selasa dan kegiatan pembelajaran olahraga di setiap minggunya.

 

 

Oleh: Khoirotun Nisa, S.Pd

No Comments Yet


Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CLOSE
CLOSE
%d blogger menyukai ini: