Blog

Manasik Haji SD Islam Sabilillah Malang

Bulan dzulhijah merupakan bulan yang istimewa, mengapa tidak ? dikarenakan pada bulan ini kita sebagai umat muslim dapat melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu, berkurban dan melaksanakan ibadah sholat idul adha. Nah, sebagai pembelajaran kali ini, SD Islam Sabilillah mengadakan kegiatan manasik haji yang dilaksanakan pada hari Kamis, 8 Agustus 2019.

Kegiatan tersebut  diikuti oleh siswa siswi dari TK Sabilillah, SD Sabilillah kelas 1 hingga kelas 5, dan beberapa SD negeri atau swasta yang lain yaitu dari SDN Blimbing 1, SDN Blimbing 2, SDN Blimbing 3, SDN Blimbing 4, SDN Blimbing 5, SDNU, Khoirul Ummah Dau dan MI Hasyim As’ari. Jumlah peserta dari TK Sabilillah yaitu 300, SD Islam Sabilillah 800 anak, dan dari SD negeri/swasta sekitar 500 anak.

Semua peserta terbagi menjadi 15 kloter dimulai dari pukul 07.30 – 11.00 di mulai dari upacara pembukaan pemberangkatan haji dan umroh oleh KASI PAIS Kementrian Agama Kota Malang dan pengawas PAI Kecamatan Blimbing di lapangan basket SD Islam Sabilillah Malang. Pemberangkatan kloter pertama dari TKIS putra maupun putri dengan di damping oleh guru dari TKIS. Pemberangkatan kloter kedua dan selanjutnya dari SDIS dan SD negerei/swasta di damping oleh guru-guru yang telah ditugaskan.

Pemberangkatan dimulai dari gerbang depan SDIS dengan mengucapkan kalimat Talbiah dan niat haji. Kemudian siswa-siswi tersebut berjalan ke  gerbang samping masjid Sabilillah untuk menuju pos Wukuf oleh bu Diyah. Selanjutnya menuju pos 3 yaitu pos Musdalifah oleh bu Iza, disitu siswa-siswi mengambil krikil dengan membaca doanya. Dilanjutkan lagi menuju pos Mina oleh bu Qoniah dan ke pos Makanul Jumarot oleh bu Syifa. Dalam melempar jumroh siswa-siswi melempar ke jumroh ula, jumroh wusto dan jumroh aqobah.

Selanjutnya menuju pos Tahalul yang pertama, disana siswa-siswi diajarkan bahwa setelah melempar jumroh harus melakukan cukur rambur pertama dengan membaca doanya. Perjalanan menuju Mekkah untuk melakukan Thowaf dan Sa’i dengan membaca niat Thowaf selama 7 kali putaran. Setelah itu siswa-siswi menuju tempat minum air zam-zam sambil berdoa dan membaca talbiyah. Perjalanan dilanjutkan dengan Sa’I sambil membaca niat selama perjalanan 1 hingga perjalanan 7. Dan diakhiri dengan Tahalul kedua dengan mencukur rambut minimal 3 helai sambil berdoa.

Dalam pembelajaran manasik haji ini, diharapkan siswa-siswi sabilillah terutamanya untuk semakin meningkatkan iman dan ibadahnya. Semoga menjadi haji yang mabrur.

Read more

SOSIALISASI DAN EDUKASI ANAK SIAGA HANSAPLAST

Sosialisasi dan edukasi anak siaga Hansaplast merupakan kegiatan yang mengembangkan anak untuk  mengetahui bagaimana menangani perihal luka, bencana dan pertolongan pertama. Sebelumnya anak-anak akan melakukan kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 5. Anak-anak yang telah mengikuti pelatihan sebelumnya akan menjadi trainer yang menjelaskan kepada siswa-siswi kelas 4 dan 3.

Kegiatan ini dilakukan pada hari sabtu, 3 Agustus 2019 di SD Islam Sabilillah Malang yang berada di ruang meeting. Pelaksanaannya yang dimulai dari jam 07.30 – 10.00 sangat menyenangkan dan bermakna dikarenakan anak-anak mendapatkan ilmu yang baru dan bermanfaat. Disetiap materi yang di sampaikan oleh para trainer juga mudah di pahami anak – anak.

Para trainer yang merupakan kakak kelas 5 dibagi menjadi 3 tim kelompok, yaitu tim rawat luka, pertolongan  pertama dan siaga bencana. Siswa siswi sabilillah yang berada di tim kelompok rawat luka yaitu Hanif, FInza, Adelia dan Sahilla. Tim pertolongan pertama yaitu Adnandaffa, Syifa, dan Cantika, selain itu yang terakhir tim siaga bencana ada Ghaiyyas, Arlo dan Raniah.

Dalam setiap kegiatannya, para trainer menjelaskan dengan antusias dan penuh semangat, dikarenakan ajang ini akan merebutkan juara 5 besar terbaik dari keseluruhan sekolah dasar. Para trainer tidak hanya menjelaskan materi mengenai rawat luka, pertolongan pertama dan siaga bencana, namun juga mengajarkan beberapa lagu-lagu agar dapat mengingat cara melakukan penanganan terhadap luka, pertolongan pertama maupun ada bencana. Selain itu adanya media berupa puzzle yang diperuntukkan mengasah keterampilan dan kerjasama dalam menyelesaikan potongan puzzle.

Diakhir pelaksanaan sosialisasi dan edukasi anak siaga Hansaplast, para siswa-siswi SD Sabilillah akan di review dan mendapatkan kuis untuk merebutkan beberapa merchandise dari Hansaplast. Tentu para siswa-siswi sangat antusias untuk merebutkan hadiah dari Hansaplast, dan paran siswa-siswi tersebut dapat menjawab dengan lancar dan tegas. Terakhir para siswa-siswi kelas 3 dan 4 dan para trainer mengucapkan jargon dan berfoto bersama.

Terima kasih kepada para trainer dari SD Islam Sabilillah telah menjelaskan dengan baik dan tim PMI dari Hansaplast.

Read more

Siswa SD Islam Sabilillah Borong Juara Olimpiade Matematika Internasional

Begitu membanggakan, itulah kalimat yang sangat tepat untuk para siswa SD Islam Sabilillah yang telah mengikuti kejuaraan olimpiade di kompetisi dunia. SD Islam Sabilillah kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah Internasional. Beberapa waktu yang lalu 6 siswa SD Islam Sabilillah Malang mengikuti ajang olimpiade yang diselenggarakan di Jepang dan Singapura.Olimpiade tersebut di antaranya adalah WMI (World Matematics Invitational) di Fukuoka, Jepang dan SIMOC (Singapore International Math Olympiad Challenge) di Singapura.

Seperti yang diketahui WMI adalah sebuah ajang olimpiade tingkat internasional yang didirikan oleh Taiwan.Kompetisi itu mengumpulkan lembaga dan organisasi di seluruhdunia yang melakukan upaya dalam mempromosikan dan mempopulerkan matematika melalui berinteraksi dengan siswa yang menggemari matematika lainnya yang mewakili Negara mereka sehingga siswa dapat memperluas pandangan dunia mereka, mengalami budaya yang berbeda, dan dengan demikian pandangan serta masa depan mereka akan diperluas.

Sejak dari tahun 2013 hingga 2019, kompetisi WMI diadakan di beberapa negara di antaranya Seoul, Korea Selatan; Taipei, Taiwan; Guilin, Cina; Kuala Lumpur, Malaysia; Ho Chi Minh City, Vietnam; Incheon, Korea Selatan; dan terakhir di Fukuoka, Jepang. WMI tahun ini diselenggarakan di Jepang pada musim liburan sekolah bulan Juni 2019 yaitu mulai tanggal 15 hingga 19 Juli 2019.WMI diikuti oleh siswa dari berbagai dunia, tak terkecuali Indonesia.

Para siswadari SD Islam Sabilillah yang mengikuti ajang ini ada 3 siswa, di antaranya yaitu Arsha Naufal Mauritzan siswa kelas 5C yang berhasil meraih medali emas, Nurisna Anara Mughni Rayyan siswi kelas 6A yang berhasil meraih medali perak, dan Aliqa Putri Suherman siswa kelas 2 ini berhasil meraih Merit.

Perjuangan para siswa SD yang berada di Jl. A. Yani 15 Malang ini patut diacungi jempol karena mereka mampu bersaing dengan hampir 2000 siswa siswi dari 21 negara. Siswa siswi berprestasi ini mengukir torehan prestasi yang membanggakan orang tua maupun warga sekolah.

Tak berhenti di sini, prestasi berikutnya dating lagi dari siswa SD Islam Sabilillah yaitu Nurisna Anara Mughni Rayyan, siswi kelas 6A ini berhasil memperoleh Gold Medals Mind Sport Honorable Mention Math Olympiad, Sabrina Yeira Arisanda siswi kelas 6A ini berhasil meraih Bronze Medals Math Warior Honorable Mention Math Olympiad, dan Daffa Atha Arkana siswa kelas 5C ini berhasil meraih Silver Medals Math Olympiad di ajang kompetisi matematika dunia SIMOC.

Olimpiade berskala internasional tersebut dilaksanakan di Canadian Internasional School (CISI), Jurong, Singapura pada Sabtu 7 Juli 2019 lalu. SIMOC sendiri merupakan kompetisi matematika dengan konsep yang unik. Bukan hanya tes kemampuan yang diujikan. Peserta juga harus menyelesaikan permainan matematika yang interaktif dan puzzle.

Selain kedua olimpiade tingkat internasional, selama waktu liburan beberapa siswa juga mengikuti olimpiade tingkat provinsi FABI (Festival Anak Berprestasi Indonesia) yang diselenggarakan di UNESA Surabaya pada tanggal 07 Juli 2019. Olimpiade ini meliputi kategori Bahasa Inggris, Matematika, Sains. Para siswa dari SD Islam Sabilillah pada ajang ini adalah Aisyah Okta Vianty Adz Dzafira Putri Budiyono kelas 2B yang memperoleh predikat Best Ten Level 1 dan Best Ten Sains Level 2, Muhammad Irsyad Asrif kelas 5C memperoleh Juara 1 Math Level 2, dan Bening Cahyaningati kelas 6A memperoleh juara 1 English Level 3.

Persiapan terus dilakukan jelang pelaksanaan olimpiade ini, pihak sekolah juga selalu mensuport dengan memberikan belajar tambahan saat masa liburan untuk mempersiapkan siswa yang akan mengikuti kompetisi matematika ini. Jam belajar tambahan diberikan oleh guru olimpiade SD Islam Sabilillah Malang yang selama hampir 2 minggu terus menggembleng siswa agar siap beradu di ajang kompetisi matematika internasional.

Bu Nunik S. Hariarti S.Pd, M.Pd, sebagai Kepala Sekolah mengaku bangga terhadap torehan prestasi dari siswa siswi SD Islam Sabilillah di berbagai ajang olimpiade, menurut beliau pembinaan olimpiade yang dilakukan memang dikhususkan kepada siswa yang mempunyai bakat dan minat dalam bidang matematika, sehingga hasil yang diperoleh selama pembinaan dapat maksimal. Dalam mengikuti berbagai olimpiade, khususnya yang berskala internasional siswa melatih mental, ketangkasan, dan juga kecepatan berpikir siswa. Siswa juga belajar bersosialisasi dengan siswa dari berbagai negara, sehingga mereka juga bias belajar tentang Negara dan budaya lain. Harapan beliau ke depan “prestasi dalam berbagai olimpiade dapat lebih mengangkat nama SDI Sabilillah di mata publik.”

Bu Qoniah Agustina, S.Pd selaku Waka Kesiswaan dan Humas SD Islam Sabilillah mengungkapkan“ raihan prestasi siswa siswi SDI Sabilillah diharapkan dapat membuat siswa lainnya merasa termotivasi untuk meraih prestasi di ajang-ajang lainnya, tidak hanya dalam bidang matematika namun juga di bidang yang lain. Dan diharapkan siswa yang mengikuti olimpiade dan memperoleh juara tidak hanya siswa itu-itu saja tetapi juga siswa yang lainnya. Dengan harapan seperti ini beliau menegaskan bahwa dalam setiap kegiatan perlombaan siswa harus bersungguh-sungguh dalam berlatihdan melakukan persiapan agar hasil yang diperoleh maksimal.

Read more

Meneladani Akhlak Rasulullah melalui Kegiatan MOKS 2019

Mengawali tahun ajaran baru, seluruh siswa SD Islam Sabilillah Malang membekali diri dengan kegiatan penuh muatan pendidikan karakter yang dikemas dalam kegiatan MOKS. MOKS adalah singkatan dari Masa Orientasi Karakter Siswa. Tahun ini, MOKS dilaksanakan mulai tanggal 15 – 19 Juli 2019.

Kegiatan MOKS merupakan agenda  rutin yang diprogramkan oleh Lembaga Pendidikan Sabilillah Malang. Setiap memasuki tahun ajaran baru, terlebih dahulu siswa dibekali dengan pendidikan karakter. Pendidikan karakter perlu ditanamkan sejak dini karena pembiasaan-pembiasaan adab dan akhlak tersebut akan diterapkan siswa dimanapun mereka berada, baik ketika di sekolah maupun di rumah. Harapannya, siswa bisa memiliki tanggung jawab dan kemandirian saat dihadapkan pada situasi apa pun. Pendidikan karakter yang dimaksud berkaitan dengan pembiasaan-pembiasaan adab dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari sesuai tempat dan kondisi yang ada.

Pendidikan karakter yang ditanamkan pada siswa dalam kegiatan MOKS ini tidak lepas dari tuntunan dan teladan akhlak yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Banyak karakter baik yang dicontohkan Rasulullah, mulai dari membuka mata saat bangun tidur hingga berangkat tidur lagi. Dalam MOKS kali ini, pembiasaan karakter yang ditanamkan difokuskan pada adab saat berada di masjid, adab saat bertemu dengan orang yang lebih tua, adab terhadap orang tua, guru, dan teman, pembiasaan membaca do’a-do’a harian, wirid dan doa setelah sholat. Semua pembiasaan yang ditanamkan dimulai dari yang kecil. Misalnya, pembiasaan yang ditanamkan misalnya adab saat berada di masjid, siswa diajak untuk menata sandal dengan rapi, membaca do’a masuk dan keluar masjid, membungkukkan badan saat melewati jama’ah lain yang sedang duduk berdo’a atau mengaji, menunggu waktu adzan dengan i’tikaf, dan lain sebagainya.

Rasulullah mengajarkan untuk menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda. Dalam hal ini, salah satu pendidikan karakter yang ditanamkan pada siswa untuk meneladani ajaran Rasulullah adalah membiasakan siswa memanggil teman-temannya dengan panggilan “Mbak” dan “Mas”. Hal ini tidak lain untuk menumbuhkan rasa hormat siswa dan rasa saling menghargai terhadap orang-orang di sekitarnya. Masih banyak lagi pembiasaan karakter yang bisa kita gali dan tanamkan pada siswa.

Hal-hal seperti yang dijelaskan di atas tampaknya sepele dan mudah dibayangkan. Namun dalam pelaksanaannya tidaklah semudah kelihatannya. Lupa pada siswa adalah hal yang akan sering ditemui. Namun dengan pembiasaan yang terus-menerus, insya Allah akan menjadi karakter siswa yang baik di kemudian hari.

Selesai kegiatan MOKS diharapkan siswa terbiasa untuk memperhatikan hal-hal sesuai dengan pembiasaan adab yang telah ditanamkan, tidak hanya di sekolah tetapi juga di rumah dan masyarakat.

Semoga Allah memberkahi langkah awal kita dalam membekali ananda dengan pembiasaan karakter sehingga ananda tumbuh menjadi generasi muslim yang sholih dan sholihah. Aamiin

Read more

SEMARAK OSPIS 2019

Selamat datang para siswa – siswi baru SD Islam Sabilillah Malang 2019/2020.

Memasuki  jenjang sekolah baru bagi siswa – siswi yang lulus dari TK/BA merupakan hal yang menyenangkan. Memiliki teman-teman baru dari TK/BA lain menjadikan anak-anak akan belajar beradaptasi dengan lingkungannya yang baru. Melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Sabilillah Malang yaitu OSPIS (Orientasi Sistem Pendidikan Sabilillah)diharapkan siswa-siswi baru dapat segera beradaptasi dan mengenal setiap kegiatan di sekolah barunya.

Di SD Islam Sabilillah Malang memiliki 138 siswa baru yang terdiri dari kelas 1A 28 siswa, 1B 27 siswa, 1C 28 siswa, 1D 28 siswa , dan 1E 27 siswa. Selain itu wali kelas dan wali asuh di setiap kelas antara lain, kelas 1A oleh bu Ririn Kurnia Indriani, S.Pd dan bu Astri Adistya Sari, S.Pdl, kelas 1B oleh bu Rizky Rahmalia, S.Pd dan bu Fisma Faradila, S.S , kelas 1C oleh bu  Zazilatul Rohma, S.Pd dan bu Rizky Dwi Kurniasih, kelas 1D oleh bu Himmatul Aliyah, S.Pd dan pak Drs. H. Masykur, dan kelas 1E oleh bu Siti Aisyah Herlina Lutfi, S.Pd dan pak H. M. Muklas, S.Pd.

OSPIS untuk siswa-siswi SD Islam Sabilillah Malang dilaksanakan di SMP dan di SD Islam Sabilillah Malang pada tanggal 12 dan 13 Juli 2019. Ada hari Jum’at, 12 Juli 2019 siswa-siswi SDIS datang ke SMPIS pukul 08.00 dan pulang pukul 11.00. kegiatan Ananda antara lain perkenalan, belajar mengenal nama-nama teman, belajar jargon Sabilillah, latihan yel-yel dan bermain games. Pada tanggal 13 Juli 2019, siswa-siswi SDIS datang ke SD pukul 08.30 hingga 12.00 kemudian berangkat bersama-sama menuju SMPIS untuk melakukan pembukaan OSPIS 2019 hingga pukul 15.00.

Selama di SDIS, siswa-siswi baru diajarkan tentang tata tertib yang ada di sekolah, adab salim kepada guru, cara doa memulai belajar dan doa pulang, adab makan siang bersama-sama, wudhu dan sholat berjamaah, mengenal lingkungan SDIS dan fasilitasnya serta berlatih kekompakan yel-yel tiap kelas. Siswa-siswi berlatih yel-yel dengan penuh semangat agar di panggung pembukaan OSPIS bisa maksimal. Yel-yel dari SD Islam Sabilillah yaitu kelas  1A aku.. hebat.. semangat.., 1B cheerfull excelent jreng.. jreng.. jreng…, 1C cerdas ceria hoyaaaaaaaaaa, 1D smart active and be the best, 1E… we love, we love and we loveeee… (dengan tangan membentuk 3 hati yang berbeda-beda.

Setelah mengikuti kegiatan OSPIS, anak-anak diharapkan menjadi senang, nyaman dan betah bersekolah di sekolah barunya. Siswa-siswi baru selamat belajar di sekolah baru tetap semangat meraih prestasi yang membanggakan.

Read more

Masa Orientasi Karakter Siswa SD Islam sabilillah Malang

Pembelajaran di semester genap diawali dgn kegiatan Masa Orientasi Karakter Siswa (MOKS), dimulai tgl 2 Januari 2019-4 Januari 2019. MOKS merupakan bagian dari pembelajaran karakter yg mengaplikasikan karakter Siswa Sabilillah Penuh Cinta.
Semoga Ananda dijadikan Anak yg shalih dan shalihah serta mendapatkan ilmu yg barokah dunia dan akhirat, aamiin

Read more

WORKSHOP PEMBELAJARAN INOVATIF

Sehubungan dengan program pengimbasan praktik baik SD Rujukan Swasta Nasional Kemdikbud, SD Islam Sabilillah Malang mendapat amanah untuk menyelenggarakan Workshop Pembelajaran Inovatif untuk guru SD Negri/Swasta sekitar Kec. Blimbing Malang. Workshop ini bertema “Penguatan Pendidikan Karakter Menyongsong Revolusi Industri 4.0 dan Penerapan Pembelajaran HOTS” dengan Narasumber Dra. Zubaidah, MM. (Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang), Dr. H. Abdur Rahman As’ari, M.Pd., MA. (Kaprodi Pend. Matematika Univ. Negeri Malang), dan M. Hasan Ya’kub, S.Ag, M.Pd (Kepala Pusat Penjaminan Mutu LPI Sabilillah Malang) pada tgl 15-16 Desember 2018.

Read more
CLOSE
CLOSE