Blog

Aksi SD Islam Sabilillah Malang Pada Hari Peduli Sampah Nasional

Pada hari Minggu  tanggal 1 Maret 2020 merupakan hari peduli sampah dan juga hari bumi. Bertepatan  dengan hal tersebut  Kota Malang utamanya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengadakan kegiatan bersih-bersih di sekitar Alun-Alun Merdeka Kota Malang. Selain itu, kegiatan yang bertepatan dengan gerakan angkat sampah dan sedimen ini di manfaatkan oleh beberapa peserta di lingkungan Kota Malang.

Peserta kegiatan ini diikuti oleh karyawan, mahasiswa, dan para siswa – siswi  SMA, SMP, SD hingga TK di Kota Malang.  Sebelum memulai kegiatan bersih-bersih sekitar Alun – Alun acara dibuka terlebih dahulu oleh Wali Kota Malang bapak Sutiaji dan wakilnya bapak Sofyan Edi Jarwoko. Selain membuka dan meresmikan acara, bapak Sutiaji dan bapak Sofyan Edi Jarwoko juga ikut membersihkan trotoar di Alun – Alun Merdeka Kota Malang.

Dalam pelaksanaannya, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dari A – E yang telah dibagikan denah lokasi membersihkan trotoar dan jalanan di sekitar Alun – Alun Merdeka mengikuti dua pemimpin Kota Malang tersebut.

Kami dari SD Islam Sabilillah Malang juga ikut berprtisipasi dalam Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) ini. Beberapa siswa – siswi kami yang hadir membawa peralatan bersih – bersih seperti sapu lidi, pengki, dan kresek sampah. Antusias siswa – siswi dari SD Islam Sabilillah sungguh luar biasa. Acara yang dilaksanakan mulai dari pukul 7 – 10 pagi ini di hari Minggu patut di apresiasi dengan semangat selalu memiliki sikap cinta alam sekitar.

Kelompok SD Islam Sabilillah mendapatkan denah di lokasi  A yang berada di sebelah Bank Mandiri. Dengan menggunakan sapu lidi dan pengki siswa – siswi tersebut saling bahu – membahu membersihkan trotoar dan jalanan dari sampah.  Setelah 3 jam berlalu, siswa – siswi SD Islam Sabilillah kembali ke Alun – Alun Merdeka untuk mengambil sertifikat dan souvenir yang telah disiapkan oleh para panitia. Selain kegiatan membersihkan trotoar dan jalan di sekitar Alun – Alun, ada pula kegiatan lain yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) seperti lomba menghias tempat sampah dan fashion show menggunakan barang – barang daur ulang.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang melakukan kegiatan ini dengan tujuan agar masyarakat Kota Malang bisa selalu menjaga kebersihannya dengan membuang sampah pada tempatnya, terutama dapat memisahkan jenis sampahnya. Dan untuk siswa – siswi seluruh Kota Malang dapat menjadi edukasi mereka dalam hal cinta alam sekitar dan lingkungan sejak dini, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan.

No Comments Yet


Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CLOSE
CLOSE
%d blogger menyukai ini: